Pemakaian Komputer Dalam Aktifitas Sehari-hari

February 25th, 2011 by eddypriyo Leave a reply »



Pendahuluan

“We’re changing the world with technology”, Bill Gates.

Begitulah sebaris kalimat yang saya baca dari  seorang pendiri Microsoft yang juga merupakan salah satu tokoh IT paling berpengaruh di dunia menurut Majalah Forbes. Dunia sudah berubah, derasnya arus teknologi informasi seolah-olah membuat teknologi tersebut sudah menjadi bagian dari kebutuhan yang paling dasar bagi kita. Disini saya akan menguraikan pemanfaatan komputer dalam keseharian saya, baik devices yang saya gunakan dan manfaat apa saja yang saya peroleh dari penggunaan tersebut.



Penggunaan Komputer

Disadari atau tidak, penemuan komputer pada tahun 1940 secara tidak langsung turut mempengaruhi gaya hidup dan perilaku saya hari ini, walaupun penyebaran penggunaan komputer di Indonesia masih sekitar 4% dari total populasi penduduk Indonesia secara keseluruhan, tapi lingkungan memaksa saya untuk terpaksa ikut dalam arus masyarakat digital tersebut, pemanfaatan teknologi informasi khususnya komputer mulai menjadi hal yang sangat penting. Sehari-hari saya dibantu oleh 2 perangkat mobile computer berupa macbook (Mac OS X) untuk keperluan personal saya dan sebuah laptop IBM T60 dengan system operasi Windows XP untuk mendukung keperluan kantor.  Sisi kemudahan  dalam hal mobilitas dan fleksibilitas adalah alasan kenapa saya lebih menggunakan perangkat mobile computer dibanding sebuah desktop computer.



Pemanfaatan Komputer Dalam Keseharian

Seperti yang diutarakan oleh Budi Raharjo bahwa tujuan dari pemanfaatan teknologi informasi baik itu pemanfaatan hardware maupun software adalah untuk peningkatan kesejahteraan, karena untuk meningkatkan kesejahteraan tersebut diperlukan adanya suatu kemampuan daya saing yang ditunjang oleh informasi, ilmu, knowledge, wisdom, sumber daya manusia (SDM), teknologi, dan pasar. Alasan ini pula yang mendasari saya untuk memanfaatkan komputer dengan sebaik-baiknya untuk menunjang keperluan pekerjaan dan pribadi saya. Kemudahan dan kecepatan dalam pengolahan data, perhitungan, design serta media penyimpanan membuat pekerjaan saya terasa lebih efektif dan efisien, serta apabila perangkat komputer tersebut sudah terhubung dengan internet maka kemudahan akses akan informasi dapat membantu saya ketika harus melakukan riset terhadap pasar dan produk yang akan saya deliver kepada pelanggan, serta memudahkan saya ketika harus mencari informasi dan update teknologi secara bebas di Internet.

Selain memudahkan untuk menunjang pekerjaan saya, komputer juga memberikan hiburan tersendiri bagi kehidupan personal saya. Saya dengan mudah membuat catatan kecil, bermain game, membaca ebook, maupun sekedar mendengarkan musik. Dan seperti diketahui, wabah social media juga sudah menjangkiti lingkungan sekitar saya, dengan pertumbuhan account facebook sekitar 26jt pada tahun 2010 dan penggunan twitter sekitar 20,8% dari pengguna internet di Indonesia, mau tidak mau juga menyeret saya untuk masuk ke dalam interaksi media social network tersebut yang pada akhirnya juga menambah alokasi penggunaan komputer dalam keseharian saya.



Penutup

Komputer dengan segala aplikasi di dalamnya mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi saya, namun komputer hanyalah sebuah tools untuk mencapai tujuan, besar kecilnya manfaat tergantung dari alasan dan tujuan yang mendasarinya. Oleh karena itu edukasi dan pemahaman terhadap user juga penting, sehingga pemanfaatan komputer menjadi media untuk meningkatkan potensi yang positif bisa maksimal.






Referensi:

1. TeknologiNet, “Bill Gates, Orang IT paling berpengaruh di dunia.” http://www.teknologinet.com/2010/11/bill-gates-orang-it-paling-berpengaruh-di-dunia.html (diakses tanggal 25 Februari 2011)

2. Yasir, A, “Apkomindo summit 2010: Pengguna Komputer di Indonesia baru 4%.” http://swa.co.id/2010/04/apkomindo-summit-2010-pengguna-komputer-di-indonesia-baru-4/ (diakses tanggal 25 Februari 2011)

3. Wikipedia, http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer (diakses tanggal 25 Februari 2011)

4. Rahardjo, Budi “Peningkatan Literasi Komputer dan Pemanfaatan Telematika di Lingkungan Pemerintah Daerah.” www.cert.or.id/~budi/articles/BPPT-computerliteracy-2.doc (diakses tanggal 25 februari 2011)

5. Kasali, R. (Januari 2011). Cracking Zone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.






Oleh : Eddy Priyo Anggono (1401159964)

Advertisement

Leave a Reply