Karakteristik Aplikasi Mobile User

March 13th, 2011 by eddypriyo Leave a reply »

Pendahuluan

Meningkatnya jumlah pengguna internet dan semakin mudahnya orang dalam mengakses internet memunculkan kebiasaan baru dalam penggunaan teknologi informasi, apabila dulu penggunaan teknologi informasi terutama komputer lebih bersifat statis, sekarang bisa lebih mobile secara hardware maupun software.  Orang bisa melakukan aktifitas komputernya tanpa harus terbatas pada tempat.

Gary B Shelly dalam bukunya Discovering Computer 2010: Living in a Digital World mengelompokkan pengguna komputer berdasarkan bagaimana pengguna komputer tersebut berinteraksi dengan komputer mereka, kategori tersebut antara lain: home user, SOHO user, mobile user, power user dan enterprise user. Pengguna komputer dengan karakteristik mampu melakukan mengakses perangkat komputer tanpa harus terbatas pada tempat biasa disebut mobile user.  Selain faktor internet, tentu mobile user ini didukung oleh adanya perangkat komputer beserta aplikasi tertentu, yang memungkinkan mereka untuk bisa menjalankan aktifitasnya.



Karakteristik Dan Aplikasi

Salah satu karakteristik yang menonjol dari mobile user ini adalah mereka selalu dilengkapi oleh perangkat  portabel yang memungkinkan mereka bisa terkoneksi dengan internet atau bisa terhubung dengan pengguna lainnya. Perangkat-perangkat tersebut pada umumnya berbentuk kecil bisa berupa notebook/netbook, smartphone, PDA, tablet PC, atau mobile devices yang lain. Mereka menggunakan perangkat tersebut untuk melakukan aktivitas bisnis, belajar-mengajar, interaksi sosial ataupun sekedar untuk hiburan.

Selain oleh perangkat portabel, untuk melakukan berbagai macam aktifitasnya tentu pengguna mobile ini menggunakan aplikasi yang terinstall di perangkat tersebut.


  1. Word Processor. Aplikasi word procesing adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengedit text dokumen. Aplikasi ini dibutuhkan ketika mobile user harus berhadapan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen text. Contoh dari aplikasi ini adalah Microsoft Words untuk aplikasi berbayar, OpenOffice Writer untuk aplikasi tidak berbayar, Pages untuk perangkat berbasis Macintosh, Word To Go untuk aplikasi di smartphone Blackberry.
  2. Spreadsheet. Aplikasi komputer yang terdiri dari beberapa cell yang digunakan untuk operasi angka. Aplikasi ini bisa digunakan untuk operasi akunting yang tidak terlalu rumit. Contoh dari aplikasi ini adalah Microsoft Excel untuk perangkat berbasis Windows, OpenOffice Calc untuk aplikasi tidak berbayar, Numbers untuk perangkat berbasis Macintosh, Sheet To Go untuk aplikasi di smartphone blackberry.
  3. Presentation. Untuk memudahkan mobile user dalam pembuatan atau melakukan presentasi perangkat mereka biasa dilengkapi oleh aplikasi ini. Contoh dari aplikasi presentation adalah Microsoft Powerpoint untuk perangkat berbasis Windows, OpenOffice Impress, Keynote untuk perangkat berbasis Macintosh dan Slideshow To Go untuk aplikasi Blackberry.
  4. Browser. Aplikasi ini digunakan untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh web server. Browser ini antara lain adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome dan Opera.
  5. Movie & Music Player. Aplikasi ini digunakan untuk memutar file video atau music. Contoh aplikasi ini adalah iTunes, Windows Media Player, WinAmp, dll.
  6. Ebook Reader. Mobile user menggunakan terbiasa melakukan aktifitas membaca diperangkatnya, salah satu aplikasi untuk mendukung aktifitas tersebut adalah PDF Reader, Preview untuk perangkat berbasis Macintosh, dll.



Selain aplikasi yang terinstall di perangkat para mobile user ini, banyak juga aplikasi atau fasilitas yang tersedia secara cuma-cuma di internet, yang memungkinkan pengguna bisa melakukan berbagai macam aktifitasnya. Contoh untuk aplikasi office operation(word processor & spreadsheet) mereka bisa menggunakan GoogleDocs, untuk presentasi mereka bisa akses ke slideshare.com, untuk memutar video bisa akses ke youtube,com dan masih banyak aplikasi lain yang tersedia di internet.



Kesimpulan

Melihat penjelasan diatas, dengan aktifitas penggunaan perangkat yang tidak terbatas oleh tempat dan tingkat mobilitas yang tinggi maka faktor portabilitas perangkat dan koneksi internet adalah faktor yang sangat penting bagi mereka. Dari sisi aplikasi, mereka menggunakan aplikasi untuk aktifitas ringan dan tidak terlalu membutuhkan kerumitan dalam hal teknis dan teknologi.



Sumber :

1.     Lecture Notes

2.     Shelly, Gary B.; Vermaat, Misty E.; J Jeffrey. Discovering Computers 2010: Living in a Digital Worlds. Cengage Learning. 2009.

3.     http://www.slideshare.net/madhava/mobile-user-is-mobile

4.     http://en.wikipedia.org/wiki/Word_processor

5.     http://en.wikipedia.org/wiki/Spreadsheet

6.     http://en.wikipedia.org/wiki/Presentation_program

7.     http://en.wikipedia.org/wiki/Web_browser

8.     http://www.beritateknologi.com/google-docs-kini-menjadi-lebih-ramah-bagi-pelajar/



Oleh : Eddy Priyo Anggono (1401159964)

Advertisement

Leave a Reply